Minggu, 19 Maret 2017

Skripsian itu yang penting selesai? #12 Skripsian

Ini cerita aku, selama aku skripsian. Semoga yang ngebaca bisa mengambil pelajaran dari cerita aku. Semangat ya yang lagi skripsian.
Aku ngebayangin, gimana kalau aku cuma fokus sama skripsi aku, mungkin aku galau bet galau, karena proses skripsian aku 1 tahun dan aku hanya berkutat sama hal-hal itu-itu aja. Untungnya aku ada kesibukan lain, ada aktivitas lain, yang membuat otak aku seimbang. Tapi ga semua orang bisa jadi aku, aku juga belum tentu bisa jadi salah satu dari semua orang. Makanya kan kita harus rajin bersyukur. Karena Allah takdirin kekuatan yang berbeda-beda di setiap orang.
Menurut aku, kado terindah yang Allah berikan itu, aku bisa ngeliat ponakan aku (Sandiaga (aga) Zanindra Putra) untuk pertama kalinya di hari wisuda. Hari pertama aku sah bergelar S.IP. aku ngerasa perjuangan aku itu, motivasinya buat ngeliat aga haha kalo makin molor aku lulus, makin molor juga aku bakal ngeliat aga.
Penting siapa yang mulai duluan, lebih penting siapa yang melewatinya sampai akhir dengan penuh kesabaran.
Penting seberapa berat proses kamu, supaya kamu ada cerita. Tapi semakin berat proses kamu, setinggi itu pula kamu sedang diangkat sama Allah. Sama halnya ketika kamu direndahin sama orang lain.
Menurut aku, ujian terberat manusia adalah manusia. Jangan berharap apapun sama manusia, karena sekali kamu berharap sama manusia, beribu-ribu kali kamu akan kecewa.
Lakukan semuanya karena diri kamu sendiri dan anggap itu perjuangan, bukan pengorbanan. Karena kalau kita menganggap itu pengorbanan, suatu hari nanti kita akan menyalahkan waktu, keadaan, bahkan orang lain. “Coba kalau dulu aku ga berkorban demi kamu.” Preeet.. coba deh lihat orang tua kamu. Betapa letihnya mereka menanti kamu. Jangan ditunda-tunda yaa..
Okay fix kalau kamu mau menunda-nunda. Tapi kamu harus janji, kamu harus jadi orang yang bermanfaat di lingkaran terkecil kamu, kamu harus punya bahan pembelajaran yang banyak dari semua pengalaman kamu. Begitu teman-teman kamu yang lain uda pada lulus, sayangnya kamu baru sadar, banyak waktu yang uda kamu pake buat berleha-leha.
Andai tanggal ga berganti, tahun terus berjalan, dan waktu terus berputar. Ih ngeri atuh haha sayangnya, mereka melakukan tugasnya dengan sangat baik dan kita hanyalah butiran debu yang cuma bisa nikmatin hal itu. yakan?
Penting banyaknya pengalaman kamu, lebih penting kamu belajar dari pengalaman kamu.
Jangan ditunda-tunda yaa...

Terima kasih udah mau nyempeting buat baca blog aku. Semoga bisa dijadiin pembelajaran, motivasi, dan menginspirasi teman-teman yang lagi skripsian. 

Skripsi itu yang penting selesai? Kesimpulannya, ga hanya itu, harus lebih dari itu. Udah lama-lama ngabisin waktu kuliah, lama-lama ngabisin waktu skripsian kalo teman-teman berprinsip skripsi itu yang penting selesai. Buatlah skripsi itu terus bernyawa kemanapun teman-teman melangkah. 

Samapi jumpa di episode yang lain yaa 

1 komentar:

  1. Skripsi itu sejauh mana kita bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah kita tulis.

    BalasHapus