Minggu, 19 Maret 2017

Skripsi itu yang penting selesai? #2 Skripsi

Kalau di HI Unsoed, di matkul Seminar HI semester 5 adalah awal dari proses skripsi. Kalau kamu udah mantep di semester 5, kamu ga perlu bingung lagi buat nyari judul dari awal.
Waktu aku semester 5, aku udah tau mau neliti apa, pakai teori apa, pakai konsep apa. Tau lo yaa, tauuu haha karena ga semua yang kita tau itu benar menurut orang lain. Aku mau neliti tentang PBB, UNODC, Human Trafficking, dan Australia. Aku kekeh bet kekeh ini semua harus ada di skripsi aku. Sebenarnya, awalnya aku tertarik sama perdagangan organ, tapi kata dosen pembimbingku yang juga dosen jurusan komunikasi (konsentrasi globalisasi), “Shyta, konsepnya bagus, tapi terlalu riskan. Kamu yakin mau ambil itu?” itu jidad dosen sambil berkerut gitu, nyali aku langsung ciut.
Jadi aku ambil human trafficking aja. Karena aku memilih konsentrasi globalisasi, dan salah satu matkul konsentrasi globalisasi ada yang ngebahas tentang transnational organize crime, ga hanya itu, aku juga ambil matkul pilihan politik pemerintahan Australia, jadi fondasi aku uda kuat bet kuat buat milih ini.
Waktu itu yang mengambil matkul pilihan politik pemerintahan Aussie cuma lima orang, dan salah satunya aku. Sebelum masuk kelas, kita berlima di panggil dosen. “kalian yakin mau ambil matkul ini?” semua serempak menjawab “yakin.” Ditanya satu-satu alasannya apa? Kalau aku jawabnya “saya mau lanjut S2 di Aussie bu.” “Dimana?” “Adelaide.” Padahal mah, aku gatau juga itu, asal nyeplok aja. Soalnya saat aku SMA, sekolahku sering banget kerja sama dengan sekolah di Aussie, banyak juga teman aku yang S1 di Aussie.
Aussie aja yang ada di pikiran aku saat itu, padahal mah masih banyak negara lain yang bisa dipelajari. Oiya, satu alasan lagi, karena dosen cewek yang aku kagumin, yang sekarang lagi kuliah S3 di US juga alumni ANU di Aussie, tapi ini aku tau pas ibunya uda mau otw ke US. Mungkin uda ada 3 tahun di US.
Saat aku milih ini negara sebagai fokus skripsi aku, aku mulai dah nyari tau semua tentang negara ini biar lebih dekat, yaa aku berdoa suatu hari nanti bisa jadi awardee Australian Award. Supaya aku bisa ngelanjutin skripsi aku. Karena ini negara aware bet sama yang namanya transnational organize crime, khususnya people smuggling dan human trafficking. Sampe di persyaratan Australian Award ada pilihan jurusan yang fokus sama transnational organize crime. Kalau aku di kasih kesempatan bisa daftar Australian Award, aku pingin ambil jurusan ini nih. Moga yaa. Aamiin
Setengah semester pertama, aku acak kadut tuh, karena saking kekehnya pingin neleti tentang itu semua. Nah, nemu nih judul buat semHI aku, yang bakal dikumpulin sebagai tugas UTS. Judul nya aneh bet sih mungkin wkwk Peran PBB dalam Penanganan Human Trafficking di Australia th bla bla..
Setelah UTS kelar, seminggu masuk, langsung diomongin gitu sama dosen yang lulusan ANU, di depan kelas. Nilainya pada min. Setelah itu, aku langsung ngadap dosen yang kedua buat minta hasil review skripsi aku, ini dosen juga dosen pembimbing akademis aku, juga kaprodi. Nah tuh kan kenak semprot haha ampun dah, ternyata emang benar min (score 60). Setelah itu, masuk dah matkul SemHI. Aku sadar bet sadar, yang jadi bahan buat dijadiin pembelajaran di depan kelas ya tugas SemHI aku, aku sebenarnya rada malu, tapi ga ada yang tau ini. Hanya itu mata bu dosen ngeliatnya ke arah aku yang duduk dekat pintu.
Aku paling suka duduk dekat pintu atau duduk di depan. Biar ga ngantuk, biar fokus, biar kalo telat langsung duduk kalo dosen lagi ngadap white board, biar keluar duluan, biar ga ditunjuk dosen, karena menurut kasus yang terulang berkali-kali, dosen suka nunjuk anak yang duduknya dibelakang haha kalo ada dosen begini, tegang bet tegang, tapi seru. Ngomong satu kalimat aja dapat nilai, tapi ya jangan satu kata juga.
Aku malahan aktif bet aktif kalo dosennya begini. Otak aku jadi mikir dan komunikatif jadinya. yah walaupun anak-anak ada yang bilang omongan aku beratlah, ga ngertilah, apalah. Yang penting, aku berani buat ngomong sembari nikmatin adrenalin dan energi yang terus berputar ditubuh aku. Behh.. itu masa-masa sombongnya menjadi mahasiswa, disaat semua terdiam, hanya kita yang ngomong. Nah, gatau tuh terdiamnya karena mikir atau karena ga ngerti bahasa kita.
Setelah aku ngomong di kelas, aku selalu nanya ke teman sebelah aku, “aku kalo ngomong, maksud omongan aku nyampe ga?” “Ga..” aku besok ngomong lagi, terus terusan sampe aku memperbaiki cara bicara aku. Aku juga belajar merespon pendapat orang lain. Kalo kita ga setuju, jangan langsung reaktif ga setuju. Kita harus bisa mengatur kata-kata kita supaya pendapat orang lain tetap hidup walaupun kita ga setuju. Karena orang dianggap ada, saat kita meminta pendapat dari orang lain dan pendapat mereka di dengar. Pengakuan keberadaan.
Pernah ada orang yang mengritik aku di depan orang banyak, “Shyta, gue itu ga ngerti apa yang elo bicarain, sumpah, gue ga ngerti, elo ngomong apa.” Tapi lebih ga ngerti lagi aku kalo dia ngomong suka jeda, menggebu-gebu, arogan, dan berusaha meyakinkan orang lain kalo orang lain harus paham maksud dia. “ya lo ngertikan maksud gue, yaa lo pasti ngerti maksud gue. Apasih, apasih.” Pernah sampe satu kelas ngitung berapa kali dia ngomong apasih dalam sekali ngomong. Yaa mungkin ini pemikiran reaktif aku saat itu.
Tapi aku coba tenang nanggepinnya, karena perkuliahan itu ruang belajar, kalau kita antikritik, kita ga akan tau salah kita dimana, kita ga akan tau kita harus mulai dari mana untuk memperbaiki. Mereka yang berani mengritik kita adalah guru yang terbaik. Malahan kitanya yang harus mengevaluasi diri kalau pemikiran kita masih reaktif kayak aku saat itu. Terima kasih yaa. Oiyaa, tapi jangan kebanyakan ngritik orang lain, ntar lupa untuk ngritik diri sendiri. Kita sibuk ngritik orang lain, karena orang lain belajar dari kritikan, orang lainnya tambah bener, kitanya yang eror. 

dilanjut lagi bacanya yaa #3 Skripsian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar