Kalau di HI
Unsoed, di matkul Seminar HI semester 5 adalah awal dari proses skripsi. Kalau
kamu udah mantep di semester 5, kamu ga perlu bingung lagi buat nyari judul
dari awal.
Waktu aku
semester 5, aku udah tau mau neliti apa, pakai teori apa, pakai konsep apa. Tau
lo yaa, tauuu haha karena ga semua yang kita tau itu benar menurut orang lain.
Aku mau neliti tentang PBB, UNODC, Human Trafficking, dan Australia. Aku kekeh
bet kekeh ini semua harus ada di skripsi aku. Sebenarnya, awalnya aku tertarik
sama perdagangan organ, tapi kata dosen pembimbingku yang juga dosen jurusan
komunikasi (konsentrasi globalisasi), “Shyta, konsepnya bagus, tapi terlalu
riskan. Kamu yakin mau ambil itu?” itu jidad dosen sambil berkerut gitu, nyali
aku langsung ciut.
Jadi aku
ambil human trafficking aja. Karena aku memilih konsentrasi globalisasi, dan
salah satu matkul konsentrasi globalisasi ada yang ngebahas tentang transnational
organize crime, ga hanya itu, aku juga ambil matkul pilihan politik
pemerintahan Australia, jadi fondasi aku uda kuat bet kuat buat milih ini.
Waktu itu yang
mengambil matkul pilihan politik pemerintahan Aussie cuma lima orang, dan salah
satunya aku. Sebelum masuk kelas, kita berlima di panggil dosen. “kalian yakin
mau ambil matkul ini?” semua serempak menjawab “yakin.” Ditanya satu-satu
alasannya apa? Kalau aku jawabnya “saya mau lanjut S2 di Aussie bu.” “Dimana?”
“Adelaide.” Padahal mah, aku gatau juga itu, asal nyeplok aja. Soalnya saat aku
SMA, sekolahku sering banget kerja sama dengan sekolah di Aussie, banyak juga
teman aku yang S1 di Aussie.
Aussie aja
yang ada di pikiran aku saat itu, padahal mah masih banyak negara lain yang
bisa dipelajari. Oiya, satu alasan lagi, karena dosen cewek yang aku kagumin,
yang sekarang lagi kuliah S3 di US juga alumni ANU di Aussie, tapi ini aku tau
pas ibunya uda mau otw ke US. Mungkin uda ada 3 tahun di US.
Saat aku
milih ini negara sebagai fokus skripsi aku, aku mulai dah nyari tau semua
tentang negara ini biar lebih dekat, yaa aku berdoa suatu hari nanti bisa jadi
awardee Australian Award. Supaya aku bisa ngelanjutin skripsi aku. Karena ini
negara aware bet sama yang namanya transnational organize crime, khususnya
people smuggling dan human trafficking. Sampe di persyaratan Australian Award
ada pilihan jurusan yang fokus sama transnational organize crime. Kalau aku di
kasih kesempatan bisa daftar Australian Award, aku pingin ambil jurusan ini
nih. Moga yaa. Aamiin
Setengah
semester pertama, aku acak kadut tuh, karena saking kekehnya pingin neleti
tentang itu semua. Nah, nemu nih judul buat semHI aku, yang bakal dikumpulin
sebagai tugas UTS. Judul nya aneh bet sih mungkin wkwk Peran PBB dalam
Penanganan Human Trafficking di Australia th bla bla..
Setelah UTS
kelar, seminggu masuk, langsung diomongin gitu sama dosen yang lulusan ANU, di
depan kelas. Nilainya pada min. Setelah itu, aku langsung ngadap dosen yang
kedua buat minta hasil review skripsi aku, ini dosen juga dosen pembimbing
akademis aku, juga kaprodi. Nah tuh kan kenak semprot haha ampun dah, ternyata
emang benar min (score 60). Setelah itu, masuk dah matkul SemHI. Aku sadar bet
sadar, yang jadi bahan buat dijadiin pembelajaran di depan kelas ya tugas SemHI
aku, aku sebenarnya rada malu, tapi ga ada yang tau ini. Hanya itu mata bu
dosen ngeliatnya ke arah aku yang duduk dekat pintu.
Aku paling
suka duduk dekat pintu atau duduk di depan. Biar ga ngantuk, biar fokus, biar
kalo telat langsung duduk kalo dosen lagi ngadap white board, biar keluar
duluan, biar ga ditunjuk dosen, karena menurut kasus yang terulang
berkali-kali, dosen suka nunjuk anak yang duduknya dibelakang haha kalo ada
dosen begini, tegang bet tegang, tapi seru. Ngomong satu kalimat aja dapat
nilai, tapi ya jangan satu kata juga.
Aku malahan
aktif bet aktif kalo dosennya begini. Otak aku jadi mikir dan komunikatif
jadinya. yah walaupun anak-anak ada yang bilang omongan aku beratlah, ga
ngertilah, apalah. Yang penting, aku berani buat ngomong sembari nikmatin
adrenalin dan energi yang terus berputar ditubuh aku. Behh.. itu masa-masa sombongnya
menjadi mahasiswa, disaat semua terdiam, hanya kita yang ngomong. Nah, gatau
tuh terdiamnya karena mikir atau karena ga ngerti bahasa kita.
Setelah aku
ngomong di kelas, aku selalu nanya ke teman sebelah aku, “aku kalo ngomong,
maksud omongan aku nyampe ga?” “Ga..” aku besok ngomong lagi, terus terusan
sampe aku memperbaiki cara bicara aku. Aku juga belajar merespon pendapat orang
lain. Kalo kita ga setuju, jangan langsung reaktif ga setuju. Kita harus bisa
mengatur kata-kata kita supaya pendapat orang lain tetap hidup walaupun kita ga
setuju. Karena orang dianggap ada, saat kita meminta pendapat dari orang lain
dan pendapat mereka di dengar. Pengakuan keberadaan.
Pernah ada
orang yang mengritik aku di depan orang banyak, “Shyta, gue itu ga ngerti apa
yang elo bicarain, sumpah, gue ga ngerti, elo ngomong apa.” Tapi lebih ga
ngerti lagi aku kalo dia ngomong suka jeda, menggebu-gebu, arogan, dan berusaha
meyakinkan orang lain kalo orang lain harus paham maksud dia. “ya lo ngertikan
maksud gue, yaa lo pasti ngerti maksud gue. Apasih, apasih.” Pernah sampe satu
kelas ngitung berapa kali dia ngomong apasih dalam sekali ngomong. Yaa mungkin
ini pemikiran reaktif aku saat itu.
Tapi aku coba tenang
nanggepinnya, karena perkuliahan itu ruang belajar, kalau kita antikritik, kita
ga akan tau salah kita dimana, kita ga akan tau kita harus mulai dari mana
untuk memperbaiki. Mereka yang berani mengritik kita adalah guru yang terbaik.
Malahan kitanya yang harus mengevaluasi diri kalau pemikiran kita masih reaktif
kayak aku saat itu. Terima kasih yaa. Oiyaa, tapi jangan kebanyakan ngritik
orang lain, ntar lupa untuk ngritik diri sendiri. Kita sibuk ngritik orang
lain, karena orang lain belajar dari kritikan, orang lainnya tambah bener,
kitanya yang eror.
dilanjut lagi bacanya yaa #3 Skripsian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar