Minggu, 19 Maret 2017

Skripsi itu yang penting selesai? #4 Skripsian

Pas semester 6, kita ada matkul KKL ke Kemlu. Dalam setiap langkah aku, aku pingin balik lagi kesini. Karena aku emang punya tujuan untuk penelitian disini. Yang pasti bakal ketemu sama pejabat-pejabat di lingkungan kemlu, yang mungkin biasa kita liat di tivi. Atau mungkin tanpa kita sadari, orang yang 1 lift sama kita adalah Pejabat Eselon 1. Tapi kecil kemungkinan kalo Menlu, katanya beliau punya lift sendiri. Aku bilang, “aku bakal balik lagi kesini.”
Masuk semester 7, saat KRSan aku bicarain sama dosen PA aku soal rencana aku untuk magang di Kemlu, beliau bilang “shyta, kalo kamu mau magang, kamu ambil pas jadwal libur atau KKN aja. KKN kan bisa kapan aja. Tiap 3 bulan sekali ada, januari juga ada.” Tapi saat itu, aku malah mikirnya beda, aku males bet ngurusin urusan kampus, kalo uda skripsian. Jadi aku KKN dulu dan ngajuin magang bulan desember. Padahal idealnya kalo mau magang itu minimal semester 5, tapi aku ketuaan apa ya? Aku yang uda ngerencanain jauh-jauh hari aja berasa kayak kue bantet. Apalagi kalo ga direncanain.
Aku ngajuin skripsi bulan oktober. Ini aku nyesel bet nyesel. Berasa telat. Kenapa ga ngajuin september? Terlalu banyak pertimbangan L terus di ACC sekitar tanggal 20 Oktober, aku mengejar ketertinggalan aku selama sebulan.
Aku revisian sebelum semprop sama dospem 1 (11 kali), sampe aku minta izin beliau pake kertas bekas untuk revisiannya. Syukurnya diizinin. 11 kali ibunya sampe bosan ngeliat muka aku, itu sebelum semprop yaa. Apalagi sesudah semprop.
Pas bulan Desember aku ajuin magang ke Kemlu di dir. Infomed. Jadwal magangnya yang aku denger-denger sih 2 bulan. Bulan januari, uda dapat kabar. Katanya untuk penelitian aku ini, cocoknya ke dir. KIPS (Kerjasama Internasional dan Pelucutan Senjata), tapi masalahnya ga ada penerimaan anak magang di direktorat itu. Syedih yaa.
Yaudah aku ajuin lagi magang ke Infomed tanpa tujuan penelitian yang aku cantumkan. Jadi bener-bener pingin magang, setidaknya mimpi aku terwujud.
Eh eh eh. Keesokan harinya, teman aku yang daftar magang bareng aku ke Kemlu keterima magang, udah masuk malahan. Aduh hati aku apa kabar waktu itu. nyesek, terkadang faktor keberuntungan emang ga bisa terelakan. Dia juga sama ngajuinnya ke Infomed, tapi diarahin ke amerop, karena penelitian dia tentang amerop gitu, kalo dia sampe 3 bulan seingatku.
“Terkadang apa yang kita pinginin, orang lain yang dapat.” Faktor Keberuntungan. Faktor ini emang ga pernah ketukar, ga terdeteksi juga siapa yang bakal dapet.
Karena aku galau bet galau, takut ga diterima lagi, aku balik lagi ke kampus untuk buat surat pengantar. Nungguin Kaprodi yang sekaligus dosen PA aku belum datang-datang karena butuh ttd beliau, aku balik ke kosan karena ini hati uda mau petjah, otak udah berasa lumerrr.
Aku nitip ke mba tutik, admin di prodi aku “kalo ibu ke kantor, sms aku yaa mba.” Baru bet baru sampe kosan, mba tutik sms. “shyta, ibu uda datang.” Balik lagi aku ke kampus untuk minta ttd. Untung kosanku dekat. Kayak dari J.CO ke Pizza hut nya Rita Supermall Purwokerto.
Dapat dah tuh ttd. Tapi aku ngajuin ke dir.diplik (googling ya), begitu sampe teras kosan. Aku dapat email dari infomed, “yeyy, aku diterima magang di Infomed.”

Liburan aku ke Jakarta buat pra survey penelitian, judul skripsi uda banyak yang dirubah. Sampe judulnya “Kepatuhan Australia terhadap Lombok Treaty dalam Penanganan Human Trafficking Berdasarkan Politik Hukum Internasional Tahun bla-bla.” Aku ke KIPS untuk minta first data tentang skripsi aku, tapi ditunggu sebulan, belum ada kabar. Aku ga berharap banyak juga sih. 

yuk lanjut lagi bacanya #5 Skripsian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar