Rabu, 15 November 2017

Review ELFAST Kampung Inggris: Pengalaman E-FAST 1

Mimpi untuk ke Kampung Inggris udah lama banget aku buat di buku catatan mimpi aku. Alhamdulillah Allah swt. wujudkan dari 10 September sampe 10 November, setelah aku magang di United Nations High Commssioner for Refugee (UNHCR) Jakarta.

Selama dua bulan bertapa di Kampung Inggris, aku ngerasa banyak perbaikan dalam hidup aku, ga hanya tentang kemampuan Bahasa Inggris, tapi juga tentang bagaimana mengontrol emotional skill.

Selama disana, aku ambil dua program, E-FAST 1 dan IELTS Camp.

E-FAST 1 itu tentang TENSES yang ngajar Miss Dian dan Parts of Speech (POS) yang ngajar Mr.Elyas. Program ini berasal dari Basic Program (BP) satu dan dua yang digabung menjadi satu bulan, yaa bisa dibilang program percepatan gitu. Grammar di ELFAST, bagus banget buat aku. Programnya dirancang buat orang-orang kayak aku yang ga punya waktu banyak, tapi pingin fokus belajar grammar.

Awalnya, menurut aku, kita hanya butuh diingatkan, tapi ternyata lebih dari “hanya diingatkan.” Aku menemukan hal-hal baru yang seingatan aku belum pernah aku dapatkan. Disini akan dijelaskan lebih mendetail tentang semua itu. apalagi kalo ambil kelas BP1 dan BP2 secara terpisah, mungkin lebih detail, tapi aku cuma punya dua bulan, jadi ngambilnya yang serba FAST.

Kelas di ELFAST untuk program E-FAST 1, khususnya Grammar Class jadwalnya dari pukul 05.30-07.00, 07.00-08.30, terus istirahat satu setengah jam. Mulai lagi, jam 10.00-11.30. untuk Speaking Class tergantung Tentornya mau ngajar jam berapa di luar dari Grammar Class. Nah, itu untuk jadwalnya yaa, guys. 

Untuk kelas Grammar cenderung bebas, kalo speaking ada tes nya untuk mengetahui kemampuan kita. Ntar aku cerita di pengalaman aku selama di Pare ya..

Di E-FAST 1 ini, ada tiga tentor yang bakal ngajar, Miss Dian (D), Mr.Elyas, dan Mr.B.

Menurut aku, selama sebulan Miss D ngajarnya enak banget, sabar, serius ga, becandaan juga ga terlalu, sesuai porsinya. Apalagi yang diajar rada beda level gitu. Bisa dibilang, ada yang baru lulus SMA, ada yang baru masuk kuliah, dan ada yang udah tua kayak kita-kita. Padahal, kita seumuran haha tapi dia tetap bisa mengontrol dan mengatur kita semua untuk tetap fokus. Yang ribut itu, bukan anak yang harusnya masih ababil, tapi kita yang udah tua suka nyari gara-gara. Kalo belajar Grammar di ELFAST, cari Miss D ya haha  

Menurut aku, Mr.Elyas enak-enak aja ngajarnya. Ngebantu banget aku yang kalo nulis suka kebolak-balik. Dia menyarankan kita untuk lebih bijaksana menerima ilmu baru, seperti tidak memperdebatkan perbedaan informasi yang menurut kita benar sendiri dan menidakkan informasi yang lain. Dia berusaha untuk memposisikan dirinya seperti kita yang sama-sama belajar, dia sangat terbuka apabila kita memiliki informasi lain, sehingga dapat disampaikan ke dia. Pernah suatu hari, ada salah satu temanku bilang ke dia, "Mr. kok penutupnya, I think that is all. ga ada yang lain Mr.?" Dia jawab, "kalo teman-teman ada yang tau selain kata-kata itu, tolong beritahu saya." Dia suka becandaan kalo ngejelasinnya, kadang suka bikin kesel kalo sampe kita tertuju jawabnya ke sana karena dia mancing kita buat jawab itu, tapi ternyata jawabannya bukan itu. Sampe ada yang bilang, “terserah Mr. dah jawabannya apa” haha tapi becandaan aja, ga serius ga. Cara ngajarnya unik, seunik namanya.

Untuk materinya, aku bisa bilang mereka ngajarnya detail banget, Grammar-nya bener-bener diajar dari 0. walaupun beberapa teman aku bilang rada cepet. Jadi ketinggalan satu pelajaran aja, udah ngerasa jauh tertinggal. Disarankan untuk tetap masuk kelas dan fokus. Saat tentor nanya ke kita, "ada pertanyaan?" kalo kita ada pertanyaan, langsung aja tunjuk tangan, karena kalo kata Miss D, "waktu terus berjalan." Kita ga bisa diam dan menunggu. Kita yang harus aktif, jangan nunggu dirangkul atau dipeluk di Kampung Ingris, karena ga ada yang bakal ngerangkul dan meluk kita. Jadi kita yang harus mulai duluan, NOTED: UNTUK URUSAN BELAJAR. Anggapan aku, yang pasti mereka bukan dukun yang tau kelemahan kita dimana kalo kita ga ngomong, omongin aja.

Pengalaman aku, aku banyak diskusi sama Miss D tentang program yang akan aku ambil selanjutnya dan Miss D bener-bener bantuin aku untuk menentukan pilihan. Terima kasih Miss D. Setelah itu, aku ga ragu lagi untuk ambil program yang lain di ELFAST, karena aku berpikir kalo aku udah cocok di satu tempat, aku akan mulai dan berakhir disitu, ga ada salahnya nyoba ke yang lain, tapi sebelum mencoba kita harus observasi dulu. Jangan sampe Zonk. Kata teman aku, uang bisa di cari, tapi waktu ga bisa kembali. 

AKU BISA JAMIN, 
1. Grammar Class dan Fun Speaking sangat bermanfaat buat aku. Aku jadi berani buat ngomong didukung dengan pemahaman Grammar yang baik dan benar.
2. Pengajarnya membuat aku termotivasi untuk belajar Grammar, yang dulu waktu les aku suka males-malesan kalo uda ketemu rumus tenses, jadi rajin banget disini, karena dijelasinnya dari awal.
3. Aku juga punya teman satu kelas, yang saling support satu sama lain, tidak ada yang saling menghakimi dan menjatuhkan, karena kita sama-sama belajar, prosesnya sama, tidak ada yang dibeda-bedakan. Jadi jangan takut kalo kamu ngerasa kurang banget untuk masalah grammar atau speaking.
4. Proses yang aku lalui selama sebulan di E-FAST 1, sangat membantu dan mendukung aku ketika aku mengambil IELTS Camp, khususnya writing dan speaking for IELTS. 

Aku ada saran untuk ELFAST, kalo bisa buku ujian BP 1 nya diperbarui, karena sudah terlalu lama dan banyak coretan. Ini tantangan banget buat aku ngejawab soal ujian BP1. Kalo ga mau, dicorat-coret sama muridnya, aku sarananin di leminating setiap kertasnya, setelah itu dijadikan buku. Mahal sekali gapapa, yang penting awet. 

Tantangan aku di grammar class ini, aku terbiasa dengan nulis langsung dalam Bahasa Inggris, aku terbiasa bicara langsung dalam Bahasa Inggris tanpa mikir lagi, tapi disini semua ditranslate dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris yang udah lama banget ga aku praktekin. Waktu disuruh buat conditional sentence yang ditulis dalam Bahasa Indonesia lalu ditranslate dalam Bahasa Inggris, aku lemot banget. Apalagi kalo ngomong, aku sadar grammar aku salah, jadi cenderung self correction.

Menurut aku, Mr.B itu selalu bikin aku deg degan setiap hari, dengan trik-trik ngajar dia yang ga ketebak. Pernah suatu ketika saat pronounciation class, aku zonk, ga bisa nyebut ch ch gitu. Yang lain uda pada duduk, aku masih berdiri aja. Udah mau nangis uda, eh tapi akhirnya aku bisa saat Mr.B ngeyakinin aku dengan kata-katanya “jangan ditutup mulutnya, dibuka, jadi jelas perbedaannya apa?” akhirnya aku turutin omongannya dan aku berhasil dah tuh ngomong beach sama bitch haha setelah itu, aku di kasi kue keju siip sama Mr.B.

Terima kasih yaa Mr.B. manfaatnya kerasa banget saat aku speaking IELTS Test berkali-kali setiap Speaking Test, Mr.Miftah bilang ke aku, pronounciation aku bagus. Sekali lagi, terima kasih Mr. sudah membuat aku percaya diri untuk cas cis cus to speak in English

Ada lagi nih, waktu Mr.B ngetest psikologi kita, apakah kita orang auditori, visual atau kinestetik. Nah aku itu, cenderung auditori ketahuan dah semua aku orangnya kayak gimana..

Ada lagi nih, aku ingat ketika Mr.B nyuruh kita buat ngapalin tongue twister yang akan menjadi password kita setiap kita mau masuk kelas, kalo ga hapal, kita disuruh keluar kelas buat ngapalin itu password. Saat di Grammar Class aku bisa gitu ngucapinnya, behh lancar banget. Pas aku masuk kelas Mr.B, terus diliatin Mr.B, jantung berasa mau copot, deg degan parah, muka merah. Jadi setiap dia nyuruh aku buat ngucapin, aku selalu tutup mata, uda tutup mata juga, masih aja tetap salah. Dan akhirnyaaa keluar kelas, ngapalin di luar kelas, tapi seruuuu sumpahh. Adrenalin aku tuh main banget, natural disaster pokoknya. Hal ini sama terjadinya, ketika aku ngomong Bahasa Inggris pertama kali di depan Mr.Miftah (ntar aku ceritain dia siapa ya).

Yang paling paling aku ingat, kalo diantara kita ga ada yang nanya, itu kita disuruh keluar kelas buat ngajakin cowok selfie bagi yang cewek, yang cowok ngajakin cewek selfie. Nyari cowok di jam kelas berlangsung itu susah amat, mana harus nebelin muka buat ngajak cowok selfie. Hal yang ga pernah aku lakukan sebelumnya.

Ya ampuuun ini, ceritain Mr.B udah satu halaman sendiri ya?

Pokoknya, banyak yang Mr.B secara sadar dan ga sadar menstimulus dan mempengaruhi aku untuk percaya diri buat ngomong cas cis cus pake Bahasa Inggris.

Terima kasih Miss D, Mr. Elyas, dan Mr.B.

Ini cerita aku, selama aku belajar E-FAST 1. Pasti tentornya akan berbeda ketika kamu ngambil program ini, tapi ada kemungkinan sama kalo kamu masuk kelas di Modal 2, karena hampir sebulan aku memperhatikan mereka mengajar di tempat dan ruang yang sama, hanya saja murid-murid nya yang berbeda.


Mungkin akan berbeda sistemnya ketika kamu mengambil grammar di ELFAST. Karena dengan penuh kesadaran bahwa ilmu itu selalu berkembang dan sistem setiap waktu butuh perbaikan. Oleh karena itu, setiap dari kita belajar, belajar dari proses, belajar dari kesalahan, belajar dari kegagalan. Semua itu di nilai dari seberapa besar hati kita menerima ilmu baru, menerima keadaan yang cenderung berubah. Sebelum belajar hal baru, pastikan kita siap menerima hal tersebut, rasa malasnya, egonya, disingkirkan dulu atau paling ga, kita sadar, kita datang buat belajar, bukan mengasingkan diri dari kenyataan yang ga bisa kita terima, sehingga kita kabur ke suatu peradaban yang kita sendiri gatau kita akan dapat apa kalo kita membawa hal negatif saat kita menuntut ilmu.

Mencoba positif itu ga salah kok, mudah percaya sama orang juga ga salah. Apalagi menerima orang baru dalam hidup kita. Sama halnya, ketika seseorang ceramah panjang lebar di depan kita, kita sebaiknya menjaga pemikiran dan perspektif kita terhadap orang tersebut. Agar apa yang dia sampaikan ke kita, menjadi keberkahan buat kita. Intinya, kita harus lebih bijaksana dalam melihat, mendengar, dan mengatakan sesuatu. Banyak orang datang ke Kampung Inggris dengan niat yang berbeda-beda. Saran aku, maka bijaksanalah.. bijaksana terhadap orang lain, terhadap keadaan dan waktu. 

Hingga detik ini, aku belum bisa move on, tapi aku mencoba bersyukur. Manfaatkan waktumu, karena dia tak akan kembali..

Setelah ini, aku akan cerita tentang Pengalaman IELTS Camp aku ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar