Minggu, 19 Maret 2017

Skripsi itu yang penting selesai? #6 Skripsian

Ditengah proses skripsian, banyak hal yang menekan aku, dampaknya ke pikiran aku, ngebatin juga sih. Apalagi pas ica uda lulus, syedih. Aku ngerasa, saat itu ga ada teman cerita yang paling pas dan ngerti kondisi aku saat itu, selain sama orang yang juga dalam proses yang sama atau pernah berada dalam posisi yang sama dengan aku.
Tibalah saatnya magang, ingat betul aku, masih ada beberapa data yang belum nemu. Tapi aku harus nemu data itu sebelum aku magang tanggal 27 April 2015 selama 2 bulan. Aku nongkrong seharian di kampus, nyari data dengan minjam password teman. Karena aku ga punya haha. Aku ngubek-ngubek di internet, tepat sebelum maghrib, data uda aku dapatkan. Sabtu besok sudah harus berangkat ke Jakarta.
Sampelah aku di Jakarta, di kosan yang wasyukurillah. Ini kosan termurah di pejambon, gapapalah. Cuma 2 bulan ini, wkwk.
Selama dua bulan, aku magang dari jam setengah 8 pagi-jam 5 sore. Hari pertama aku magang, aku balik jam setengah 7 malam. wow.. itu karena tugas yang kita kerjain belum kelar. Soal masalah dresscode, aku ngerasa, aku salah sepatu gitu. Teman-teman magang yang lain pake flat shoes, aku mah pake sepatu prok prok prok. Besok nya aku pake flat shoes. Cerita tentang selama aku magang di Kemlu, aku ceritaiin sendiri yaa.
Selama magang, aku masih revisian tuh sama dospem 1, 2 bulan aku magang, pas bet ketemu bulan puasa, aku mutusin buat pulkam ke Pontianak Kalimantan Barat. Rezeki dapat tiket dibawah 500rebu. Tapi aku uda dikirim 500rebu sama mama seminggu yang lalu, uangnya tinggal 300rebu buat pulang ke pwt.
Alhamdulillah bet Allah kirim sahabat sebaik Ica yang bersedia minjamin uangnya buat aku pulkam ke Pontianak. Bukan nominalnya, tapi rasa kasihnya sama aku yang ga kebeli sama apapun. Terima kasih yaa caa.
Waktu itu, aku ninggalin Jakarta berasa berat bet. Aku bilang, aku bakal balik lagi. Ga tau bakal stay, atau cuma lewat doang wkwk.
Sebulan aku di Pontianak, leha-leha total 3 bulan. Telat lulus 3 bulan juga. yaa nasyib yaa nasyib.
Balik ke Purwokerto bukan buru-buru ketemu dosen, tapi buru-buru ngurusin kegiatan kampus. Pada tau aku di Purwokerto, mulai dah tuu pada nanyain aku dimana? Suruh aku ke kampus dll.
Besoknya aku baru nemuin dospem 1, aku nanya, “bu, saya bisa ga lulus bulan september.” “ga bisalah. Kamu berapa kali revisian sama saya sebelum semprop?” “11 kali bu.” “sama sekarang uda berapa kali setelah semprop?” “8 kali bu?” “yaa 4 atau 5 kali lagi lah yaa revisian baru ke dospem 2.” Lah tu hati langsung ciyut. Ga tanggung tanggung juga, hari pertama ngadep aku langsung disuruh ke Jogja buat nyari penelitiannya pak bla bla yang mirip sama penelitian yang sedang aku lakukan. Cuma beda negara dan tahun aja. Aku nyari beliau dari dunia nyata sampai ke dunia maya. Tapi ga nemu juga.
Aku bilang sama ibunya, “bu kalo saya ke Jogja, saya biasa naik efisiensi, ongkos lagi bu. Kan ke UGM nya pake ongkos juga, bu. Mana saya ga hapal jalan lagi bu.” Ibunya malah bilang sama aku, “kalo kamu mau, bareng aja sama ibu besok pagi jam 5 kita berangkat bareng ke Jogja.” yes. Tanpa mikir aku langsung bilang. “mau bu, mau mau.” Wkwk. Aku ditraktir makan siang lagi haha malahan ditawarin nginep di kosan ibu satunya yang bareng sama dospem aku. Tapi aku emang ga niat bermalam sih. Emang gaya melas depan dosen dibutuhin di waktu-waktu tertentu.
Aku juga pernah dalam kondisi ini waktu disuruh pake konsep legalisasi untuk ngukur lombok treaty apakah soft law atau hard law. Aku bilang gini, “bu, sayakan ga ada bukunya bu. Itu juga buku S2, nyarinya dimana? Bahasa inggris ga bu?” “iya.” “wah pasti bahasa inggrisnya paka tatanan bahasa yang high gitu yaa bu.” “nih, ibu ada bukunya.” Treeng langsung ada di depan mata inyong. “nih skripsi teman ibu supaya kamu lebih mudah mahamin konsepnya, tapi jangan kopas yaa.” “iya bu, siyap.” Jreeeeng. Balik kosan, aku langsung ngubek-ngubek itu buku. Tapi ujung-ujungnya aku pusyang dan ngorok haha

yuk dibaca lagi #7 Skripsian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar