Minggu, 19 Maret 2017

Skripsi itu yang penting selesai? #8 Skripsian

Hati aku remuk seremuk remuknya, tepat di bulan September, ica ninggalin aku karena dia harus wisuda duluan. Aku mutusin ga datang pas dia wisuda, kenapa? Karena rasanya pasti bakal sekit bet sakit. Menurutku, ga ada yang spesial dari semua itu, walaupun kebanyakan nganggap spesial. Sampe adik kosanku bilang, “mba, ga datang ke wisudaan mba ica?” “ga.” “ih, ntar ga ada yang datang ke wisudanya mba looo.” “gapapa.” Tema skripsi samaan, sempropnya bareng, wisudanya ga bareng yaa caa?
Aku bukan tipe orang yang berlebihan dalam merayakan sesuatu, bahkan hari lahirku. Udah hampir tahun ketiga aku ga ngerayain hari lahirku, seperti orang kebanyakan. Aku juga bukan pengingat yang baik. Aku bahkan gatau tanggal lahirnya ica, tapi ga ada masalah untuk hal itu kan caa? Yang penting, kita bisa temenan sampe nanti yaa caa.
Keesokan harinya, aku ketemu ica dan teman-teman yang wisuda kemarin. “wah parah shyta ga datang.” Aku senyum-senyum aja wkwk. Selamat yaa semua uda wisuda. Sorry.. not for sorry. Ga ada kata “maaf” untuk itu.
Alhamdulillah, aku uda di ACC oleh dospem 1, yuk cus ke dospem 2 yang sekaligus dosen PA aku, yang sekaligus lagi S3 di UGM. Jadwal beliau padat bet padat. 5 minggu skripsi aku di beliau tapi belum ada kabar. Ada sekali, waktu itu beliau ngirim 5 pertanyaan lewat email, langsung aku jawab 5 pertanyaan itu. Abis itu beliau ga balas lagi.
Aku coba ngobrol dengan ketua KTA (Komisi Tugas Akhir) yang sekaligus dosen penguji skripsi aku. Jawaban yang aku dapatkan dari beliau “saya akan mengusahakan.” Jawaban yang ga memuaskan buat aku. Maaf yaa bu. Sampe aku bilang. “bu, udah hampir sebulan saya ga telponan sama mama saya, karena dia gamau dengar kabar lain selain kabar kalo saya mau pendadaran.” Mana dosen KTA sekaligus dosen penguji skripsi aku mau ngambil cuti melahirkan tiga bulan mulai bulan November, wat gaaawat..
Sebelum mama bilang mama gamau ngobrol sama aku lagi, mama bilang, “Shyta, baju kebaya untuk kamu wisuda aja udah jadi, masak kamu belum kelar-kelar juga.” bzzzz nyesekkk.. haha
Aku curhat sama adik angkatan aku, Atun aku manggil dia. Dia nyaranin aku buat solat tahajud, emang jarang bet aku lakuin, karena aku selalu pulang diatas jam 11, masuk kamar, sebelum tidur, aku selalu nulis di buku sakuku apa yang mau lakukan esok hari. Aku selalu mengvaluasi diri aku, apa ya yang salah dari aku hari ini? besok harus lebih baik. Aku berusaha maafin orang-orang yang nyakitin aku, yang ngehakimin aku bahkan. Setelah itu, tepar. Aku nanya sama Atun, “gapapa kan yaa, kalo solat tahajud ga tidur dulu?” “Coba aja mba, yang penting niatnya sambil memohon sama Allah.”
Cus aku praktekin, aku pulang jam 11 malam lagi. Aku langsung solat tahajud sambil memohon sama Allah. Besok paginya, aku terima sms dari dospem 2 aku, “shyta, skripsi kamu sudah saya ACC, silahkan atur jadwal pendadaran.” Bzzzz Alhamdulillah. Terima kasih Ya Allah atas kuasa-Mu.
Aku dapat jadwal 31 Oktober.
Ga ada satupun yang tau aku habis semprop, aku habis dari jogja untuk nyari data, aku habis pendadaran, atau bahkan aku wisuda. Taunya aku harus ada di tempat, saat dibutuhkan atau bahkan saat ga dibutuhkan. Aku pernah diajak ketemuan sama orang yang menjabat diatas aku. Aku bilang, “kak, maaf ya, aku mau les dulu.” Bzzz itu aja aku ga enak bet jawabnya.
Jujur, pas pendadaran, aku ga ada belajar yang gimana gitu, yaa gimana mau belajar. 11 kali revisian sebelum semprop dan 11 kali revisian sesudah semprop, itu dospem pertama yaa, kalo dospem kedua, Cuma 3 kali sebelum semprop, dan satu kali sebelum pendadaran, yaa tapi harus menunggu lama, karena jadwal beliau emang padat bet padat. Proses yang seperti ini, membuat aku uda hapal luar kepala isi skripsi aku apa.
Beberapa hari sebelum aku pendadaran, teman aku juga pendadaran, namanya Dendi anak sosiologi 2011. Aku datang sendiri, eh ada dea nyusul. Aku sih niatnya, ga mau ngasih tau. Tapi keceplos kalo aku pendadaran hari jumat, 31 Oktober 2015.
Soal masalah rapat organisasi dll, sengaja aku jadwalkan sebelum aku pendadaran dan sorenya setelah aku pendadaran, semua jadwal aku yang atur hihi tapi aku ga cerita kalo aku mau pendadaran. Jadi sehari aku sebelum pendadaran, aku bisa kemana aja aku mau, bukan nenangin diri di kamar, aku malah main ke kosan dea anak komunikasi 2011 buat pinjam laptop untuk pendadaran, karena laptop aku belum pernah dipake buat presentasi. Aku hampir seharian di rumah dea. Gimana enggak? Si dea bikinin aku puding haha betah aku.
Aku balik ke kosan sore hari, mandi, beres-beres. Bikin kamar aku serapi mungkin. Soal masalah power point? Aku udah buat dari jauh jauh hari, setiap ada yang berubah dikit di skripsi aku, aku langsung buka power point untuk aku perbaiki. Terus habis solat maghrib, aku berpasrah sama Allah. Aku serahkan, aku percayakan semua sama Allah. Kan apa yang disisi-Nya jauh lebih baik. Aku sambil nunggu solat isya, bedanya kalo aku di kosan, habis maghriban, aku langsung ngumpul sama anak kos untuk beli makan bareng, malam ini aku nitip beli makan aja.
Mereka pulang, aku uda solat isya, aku baru nongkrong di bawah. Selesai makan, kita main UNO. Jam 9 malam, aku uda masuk kamar. Istirahat, wah ini yang jarang-jarang aku dapatkan. Sebelum tidur, aku selalu nulis apa yang mau aku lakukan esok hari, aku selalu ngebayangin apa yang akan terjadi. Aku yang atur. Allah yang nentuin. Aku atur apa aja yang ga boleh aku katakan saat aku presentasi, apa aja yang ga boleh aku lakukan.

yuk dibaca lagi #9 Skripsian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar