Minggu, 19 Maret 2017

Skripsi itu yang penting selesai? #7 Skripsian

Aku nyampe UGM sekitar jam 11 siang. untung uda ditraktir makan siang. Selama aku di UGM, aku masuk ke perpus yang pertama. “okay petualangan di mulai, let’s go.” Aku nyantai aja, langsung naik ke lantai dua, masuk perpus. “selamat siang bu. Saya mau nyari thesis nya pak bla bla.” “oh bisa mba, kartunya mana?” “maaf bu, kartu apa ya? Saya dari Unsoed bu.” “kalo mau masuk ke sini, harus pakai kartu untuk mahasiswa, surat pernyataan untuk yang umum. Mba bisa mengurus suratnya dibagian informasi.” “dimana yaa bu?” “itu ada di bagian bawah.” Okay aku harus turun ke bawah. “terima kasih yaa bu.”
Aku ngurus surat pernyataan, dulu pas tahun 2015 biayanya 5rebu, gatau kalo sekarang. Setelah selesai, aku ke atas lagi. Aku balik ke tempat yang sama dengan menyerahkan surat tanda masuk. Aku diperbolehkan masuk. Terus aku mulai tanya-tanya, “bu, ada thesis bapak ini dengan judul ini dibuat tahun sekian jurusan HI Fisip.” “saya carikan di komputer yaa mba, sambil nunggu-nunggu, mba coba cari di bagian skripsi fisip.” “terima kasih yaa bu.”
Aku ke tempat skripsian, sambil baca-baca skripsi punya mahasiswa disana yang sesuai dengan skripsi aku. Ada yang judulnya begini “Perbedaan People Smuggling dan Human Trafficing.” Ehh buset enak bet judulnya yak, kenapa aku ga kepikiran ambil ini? haha
Udah lama, kok ga ada yang ngabarin yaa? Aku ke tempat ibu-ibu tadi. “bu, gimana? Thesisnya uda ketemu?” “belum mba. Mungkin ada di perpus HI Fisip mba.” “oh gitu yaa bu?” “iya mba.” “saya ke perpus HI Fisip yaa bu. Kalo dari sini ke arah mana?” “ke arah sini, belok sini, ke utara dikit, ke barat dikit, ke timur.” astaghfirullah sumpah ga ngerti, aku harusnya bawa kompas. “oh iya..iya.. bu.. saya coba ke sana dulu yaa bu.”
Itu aku ngikutin arah angin aja. Sampe nemu tuh kampus Fisip. Seingatku, Kantor HI itu dilantai 5, aku naik lewat tangga, udah di lantai 5, aku baru sadar ternyata ada lift. Aku masuk ke kantor HI dengan muka tebal. Aku nanya, “permisi mba, mohon maaf mengganggu. Perpus HI dimana yaa mba?” “HI punya nya lembaga penelitian mba.” (aku juga lupa lembaga penelitaian atau apa gitu, pokoknya punya ruangan sendiri deh) terus aku kesana. Aku uda ngobrol-ngobrol, ternyata ga nemu juga. Aku uda geregetan.
Aku keluar ruangan itu, terus aku mau turun pake lift, kok aku ragu yaa turun pake lift. Kebayang film korea yang terjebak di lift, akhirnya mutusin lewat tangga lagi. Aku akhirnya kembali ke perpus sebelumnya. “mohon maaf bu, permisi. Thesisnya ga ada di HI Fisip bu.” “yang kamu cari skripsi atau thesis?” “thesis bu.” “ya ampun mba, ini perpus untuk skripsi, kalo thesis, perpusnya dari sini belok ke kiri.” “serius bu?” “iya mba.” Keluar perpus aku sambil gerundel. Etdahh kenapa ga bilang dari tadi? Kan aku bilang “thesis..thesis..bukan skripsi...” bzzzz
Yey.. ketemu dah tuh. Bukan ketemu perpus, ketemu kantin. Jangan sampe berasa dikerjain lagi dah yaa. Aku tanya ibu-ibu yang jagain kantin. “bu perpus thesis dimana yaa?” “itu mba.” (sambil nunjuk) “terima kasih yaa bu.” Aku ngeliat tu perpus kayak ngeliat air minum di padang yang tandus, kering, dan beriklim tropis. Sampe lapar ga kerasa. Aku masuk ke sana, perpusnya dengan penjagaan yang ketat. Aku masuk dan semua dalam bentuk digital, aku hanya boleh nyatat, ga boleh copy paste, seingatku untuk buka thesisnya juga ada kodenya. Ahh aku lupa. Pokoknya aku bisa ngakses itu thesis, terus aku catat proses penggunaan konsepnya. Yes, aku dapat.
Aku ga perlu waktu lama buat mahamin bagaimana cara kerja itu konsep sampe aku bisa ngebayangin bagaimana nerapin konsep itu di penelitian aku. Cukup setengah jam. Tapi buat sampe ke titik itu, butuh banyak perjuangan. Aku ga bilang itu pengorbanan, kenapa? Karena mungkin aku akan menyalahkan waktu, keadaan, bahkan orang lain.
Belum selesai sampai disitu, aku harus nyari jalan pulang, aku harus nemuin halte transjogja. Yaa cukup dengan berjalan kaki sampe laper. Ketemu burger yang di engkol sama kakek-kakek. Selesai makan burger, cukup untuk menyekak rasa lapar. Aku lanjutkan perjalanan aku, pokoknya aku harus pulang malam ini. Karena banyak hal yang menunggu aku. Aku di Jogja ga ada sehari aja, telpon aku sudah berkali-kali berdering, apalagi kalau aku memutuskan bermalam di Jogja.
Aku naik transjogja sampai pemberhentian terakhir di terminal transjogja. Aku tanya sama bapak-bapak yang jagain loket. “pak, disini ada pul efisiensi ga ya?” “wah ga ada lo mba.” “terima kasih yaa pak.” Aku berpikir sejenak, masak harus balik lagi ke kota? Aku lanjutkan perjalanan aku. Aku keluar dari halte transjogja, bzzzz ga jauh dari itu halte, sebrang jalan, ada pul efisiensi, parah nih bapak, masak gatau ada pul efisiensi disini, lah kan dia kerja disini. Gerrrr uda geregetan aja. Aku langsung beli tiket efisiensi. “mba ini keberangkatan terakhir, dijemput jam 5 sore.” Alhamdulillah masih rezeki. Emang semua udah Allah yang atur, kita tinggal jalanin.

Keesokan harinya, aku revisian, aku bangun pagi, mulai dari jam 5 pagi-10 siang. please jangan ada yang ganggu aku. Aku revisian, jam 10 aku ke kampus naruh revisian. Lanjut dengan kegiatan kampus lagi. Waktu aku revisian lebih sedikit daripada waktu aku buat organisasi, aku ngerasa berdosa sih terkadang. Tapi yaa itu aku, ga bisa bilang “tidak.” 

yuk dibaca lagi #8 Skripsian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar