Rabu, 15 November 2017

Review ke Kampung Inggris: Biaya dan Pendaftaran ELFAST

Ke Kampung Inggris selama dua bulan merupakan mimpi aku yang menjadi kenyataan. Awalnya, aku bingung gimana caranya, bayarnya, kost-nya, ga ada gambaran. Yaudah aku pasrah aja sama om google. Ada sih teman yang aku interview, sayangnya beda lembaga, tapi secara general informasi dari dia ngebantu aku banget, apalagi masalah akomodasi buat ke Kampung Inggris.

2 minggu sebelum aku berangkat ke Kampung Inggris, aku daftar program E-FAST 1 sekalian kosan pake agen EUREKA MULTIUSAHA SEJAHTERA dengan total biaya Rp 835.276 udah sama kosan 1 kamar 3-4 orang. Alhamdulillah aku dapat kost di Jl. Mawar namanya MYESHA HOUSE, dekat masjid. Agak lumayan jauh dari ELFAST, tapi kalo naik sepeda seru-seru aja.. Alhamdulillah satu kamar aku 3 orang dengan teman-teman yang ngambil program sama di ELFAST.

Bulan ke dua, aku ambil IELTS Camp dengan biaya Rp 710.000,- sudah sama camp. (Ntar aku bakal ceritain pencarian aku untuk lembaga IELTS Preparation ya man-teman)

Saran aku, kalo mau jaraknya ga jauh dari ELFAST;
1. Kamu datang dulu ke Kampung Inggris, baru cari kost dan daftar program. Tantangannya adalah bisa aja program yang mau kamu ambil sudah penuh, seperti E-FAST 1 laris bangeeet.
2. Kamu bayar programnya dulu via transfer, setelah itu, kamu datang ke Kampung Inggris baru cari kost di dekat ELFAST.
3. Kalo kamu punya teman yang lagi nge-les di Kampung Inggris, kamu bisa hubungi dan minta bantuan dia untuk daftarin program dan cariin kost buat kamu, pastinya mereka sudah banyak mendapatkan informasi tentang hal ini. (Pengalaman)
4. Yah cara aku yang tadi, tapi pasti ada tantangan tersendirinya. Yaa mungkin kost nya agak jauh dari lembaga dll. Karena aku kost nya menurut aku lumayan jauh, aku biasanya numpang istirahat di kost teman dekat ELFAST, karena aku ambil kelas lain di lembaga lain. kalo harus pulang ke kost, ga keburu dan malahan bablas ketiduran. Soalnya aku pengalaman, aku balik ke kost, akhirnya aku melewati satu kelas. Tapi semua itu, nikmatin aja.. aku mikirnya, karena kita belajar, kita butuh ketenangan pikiran, hati dan perasaan. Jadi nikmatin aja..
5. Kamu bisa nge-camp di lembaga kamu kursus, seperti di ELFAST. Katanya, banyak daily activity nya dan harus pake Bahasa Inggris, tapi kalo kita mikirnya positif ini ngebantu kamu banget untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris kamu. Yang pasti ada tentornya yang membantu kamu buat mahamin materi yang belum kamu mengerti.

Aku ke Kampung Inggris tanggal 11 September 2011, dari Jakarta tanggal 10 November 2017. Aku juga cari info dari blog-blog orang yang katanya, kalo tanggal 10 nya kenak hari libur, berarti pertemuan pertama setelah tanggal itu. Jadi aku S aja (santai aja), ke Kampung Inggris tanggal segitu, Ibu kost aku juga baik banget, ibu-nya wa aku duluan untuk mendapatkan kepastian dari aku datangnya kapan? Jadi beneran S aja haha

Perjalanan Jakarta-Kediri membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam. Sesampainya aku di Stasiun Kediri, aku udah di awe-awe sama bapak-bapak yang siap mengantar murid-murid yang mau ke Kampung Inggris, tapi aku punya teman yang kenal di stasiun mau juga ke Kampung Inggris, yaudah sekalian aku pergi sama dia naik mobil satu orang Rp 50.000,-. Jadi dari awal, aku uda mutusin untuk ga pake jasa penjemputan. Biar ada roller coaster-nya aja haha kalo salah ya jadiin pelajaran.

Perjalanan dari Kediri-Kampung Inggris kurang lebih sejam. Aku diantar ke ELFAST, padahal aku minta antar langsung ke kost, tapi bapaknya gamau. Hal ini membuat aku menunggu 2 jam di ELFAST, karena aku nungguin office buka, terlebih gatau jalan kost aku itu dimana? huhu

Setelah dapat kepastian dari office kalo ada TM jam 9. Aku nyoba-nyoba buka aplikasi gojek, eh ada. Dari ELFAST ke kost aku di Jl. Mawar bayar Rp 3000 haha mura anet. Yuk cus ke kos.

Di Kampung Inggris, kalo bisa nyewa sepeda Rp 60.000 selama sebulan, aku sewa di kost aku aja, tapi karena sepeda nya agak tinggi buat aku, aku sering jatuh, jadinya kaki aku lebam-lebam, biru gitu. Pernah aku mau ambil sepeda aku di depan kost, ternyata sepeda saling nyangkut satu sama lain, jadi jatuh semua, dan aku ikut ke sungkur bersama sepeda-sepedanya. Ada ibu yang jagain kost depan dan ibu sayur yang dagang pada ngetawain aku. Begitu aku sampe kelas, teman aku nyenggol kaki aku, aku keaduhan, begitu liat, yaa ampuun ada jengkol warna biru di kaki ckckck..

Di bulan kedua, aku sewa di Bang Jack Jl. Anggrek Rp 50.000, sepeda nya rendah, pas buat aku. Aku ga pernah jatuh kalo pake ini. Kata teman aku, sepeda nya buluk, tapi gapapa, yang penting bisa dipake, tapi sempet jengkel karena setiap mau di pake kempes mulu, uda males mau ngebenerin ke Bang Jack, karena uda mau balik juga ke Jakarta. Saran aku, kalo nyewa sepeda carilah tempat yang bebas ngebenerin sepeda yang kita sewa. Kayak dua tempat ini.

Hemm kalo pengeluaran aku selama dua bulan, yang pasti aku ga ngitung berapa. Aku bawa uang Rp 5.000.000,- untuk dua program dan selama aku hidup di Kampung Inggris. Aku masih bawa pulang sekitar Rp 1.700.000. Teman-teman, ini aku termasuk boros, karena aku ga bisa ngontrol untuk masalah makanan, karena aku suka kulineran sendiri atau sama teman, tapi yang pasti aku ga pernah sama sekali jalan-jalan ke Bromo atau ke Kelud, bahkan ke tempat wisata yang lain. Aku cuma pergi ke satu tempat di Kediri, Gua-gua gitu, gatau apa namanya. Udah itu aja. Aku lebih mikir, gimana caranya aku bisa makan kenyang dan enak menurut aku, ya bisa tempe, tahu. yang pasti kalo ketemu Bakso, aku mampir haha

Tapi, kalo kalian pingin murah. Aku saranin makan di depan ELFAST, yang ada jual nasi kuning kamu bisa dapat nasi kuning, mie, dan tempe orak arik 4ribu aja. Kalo ramesan sayur dan orak-arik tempe 5ribu. Kalo uda lauknya ayam, ikan, itu sekitar 7-8ribu. Tapi aku cenderung makan ramesan yang ga ada nasi kuningnya, karena warung yang ada nasi kuningnya, itu pedes banget buat aku dan aku ga kuat makan pedes. Kalo warung disebelahnya warung yang ada nasi kuning, aku sukanya makan capcay muluuuu, sampe boseen.

Lebih sering aku makan di Warung Puspa andalan aku, sebrang Bonbin (kafenya anak ELFAST). Aku suka makan disana, karena aku bisa ketemu sayur yang dibikin sop, emang agak sedikit mahal, ya karena itu tadi, aku lebih mentingin aku bisa makan enak sesuai mood makan aku, tapi bulan kedua Warung Puspa uda pindah, gatau kemana?.

Jadi aku lebih sering mutar-mutar Kampung Inggris buat makan nyari sayur berkuah, tapi jarang banget aku temuin. Jadi ngebakso lagi..

Pas aku balik ke kost, aku suka makan di WAKAPO haha terkenal banget nih WAKAPO. Kayaknya tuh, kalo ke Kampung Inggris belum makan di WAKAPO, belum ke Kampung Inggris. Jadi kalo ditanya sama anak kost, "mau makan dimana mba?" "WAKAPO?" "mau makan apa kita?" "WAKAPO?" Padahal WAKAPO bukan makanan, tapi kalo makan taunya WAKAPO haha Pernah aku mau nyari kost gitu, ada mba-mba nanya WAKAPO dimana?. dia janjian sama teman-temannya di WAKAPO. Yang jauh aja nyarinya WAKAPO, apalagi yang dekat. Oiya, WAKAPO diantara Jl. Dahlia dan Jl.

Setelah ngecamp, aku lebih sering makan di Tiga Rasya atau di Dapur Jawa. Andalan anak IELTS Camp ELFAST pokoknya. Kalo camp tiba-tiba kosong, ga usah nanya mereka ada dimana?. Pokoknya ada di dua tempat itu.

Bakoel juga enak menurut aku, tapi aku cuma berani makan di Bakoel kalo week end aja. Pas aku IELTS Camp cuma sekali makan di Bakoel, karena aku ada scoring setiap hari sabtu.

Nah, mereka ini tempat makan yang harganya dari Rp 5.000 an.

Aku jarang nongkrong di Cafe gitu. Kalopun aku nongkrong di Cafe, aku suka beli jahe susu haha harganya murah dan nenangin, kayak kamu kalo disamping aku haha (ngegombal ya..)

Itu kalo akomodasi. Pokoknya jaga kesehatan selama di Kampung Inggris. Kalo kata Miss Surya tentor Elfast yang bobo di Camp Orchid, "jangan sakit, karena ga ada yang merhatiin." Jadi jaga kesehatan ya, guys.

1 komentar: