Minggu, 22 Januari 2017

#4 Proses Hijrahku

Sehari berangkat ke Jakarta, lalu ke Purwokerto, aku masih ngasuh aga. Ngerasa capek banget, karena dia maunya sama aku terus, ga mau sama mama atau papa. Biasanya kalo sama papa, suka duduk di depan TV sambil nonton upin ipin. Anteng aja. Pernah sampe ketiduran. Kalo sama mama, biasa kalo aku lagi masak, aku titipin bentar. Tapi kali ini maunya sama aku, sampai-sampai tidur dipundak aku, gamau ditaruh di tempat tidur, udah dicoba berkali-kali malah bangun. Capek duduk, aku tiduran diatas bantal yang tinggi untung nyangga badan aku. Ehh malah aku ketiduran.

Aku baru sadar, apa yang aku lakukan selama ini adalah jawaban atas doa-doa aku. Dalam setiap doaku, aku bilang sama Allah swt. “ya Allah, aku pingin jadi orang yang bermanfaat buat orang lain dan berbagi dengan sesama.” Sadarnya aku, berarti aku bermanfaat buat kakak aku, bisa bantu dia buat jaga aga. Disaat aku makan, aku juga harus nyuapin aga makan. Apa yang aku makan, harus bisa di makan aga. Itu namanya berbagikan? Iya dong haha

Dari semua hal yang terjadi dalam hidupku selama setahun ini, adalah proses hijrahku. Belajar dari pengalamanku, pengalaman orang lain adalah modal dasar buat aku. Sampai aku merintis yuesdollar.id: Public Speaking. Untuk proses selanjutnya, silahkan dibaca tulisan aku yang bakalan cerita penuh tentang #... yuesdollar.id

Selama aku di Jawa, banyak hal yang membuat aku tertegun. Aku jadi lebih sering solat berjamaah di masjid dekat rumah eyang di Purwokerto. Silaturahmi dengan teman-teman eyang yang umurnya 80-an tahun, jika eyang masih ada, mungkin kita bakal ke masjid bareng. Semoga eyang senang jikalau aku mendekat dengan teman-teman eyang.

Suatu ketika, saat solat udah dimulai. Ada anak kecil, berdiri disamping kanan aku. Dia ngikutin imam baca surat. Aku netesin air mata, aku bisa apa? Itu anak ngikutin imam sampe kelar baca surat yang aku sendiri ga tau itu surat apa. itu aku langsung ngerasa malu bet maluuuu. Terus ada juga imam yang suaranya bagus bet bagus, sampe-sampe buat aku terenyuh, rasanya getaran suaranya sampe ke hati. Kalo imam itu yang jadi imam saat solat, begitu aku salaman dengan samping kanan kiri aku. Matanya pada basah.

Nah ini nih, yang bikin lumer. Aku pernah tuh habis wudhu, ini mata nakal bet nakal. Tiba-tiba ngeliatin ke arah satu cowok yang lagi berdiri, tau ngelamun, tau apa. Dia pakai baju batik warna ungu. Horden yang ada di masjid rada ke buka dikit, keliatankan siapa yang lagi adzan, rupanya cowok yang aku liatin itu, terus dia iqomat. Maaf Yaa Allah swt. solatnya jadi ga khusyu karena cenyum-cenyum cendili. Lain waktu, aku ketemu dia lagi, eh rupanya udah suami orang.

Pernah suatu hari, ada orang yang nyamperin aku, dia bilang, dia mau pulang ketemu anak istri, tapi ga punya uang buat naik kereta. Si bapak cerita panjang bet buat ngejelasin hal itu, terus aku pamit. Pas aku pamit, bapak itu bilang, mungkin mba bisa bantu? Aku nya udah keburu jalan. Terus aku sepanjang jalan mikir, bapak itu minta bantuan? Tapi uang aku itu, uang terakhir. Kalo bantu banyak, jelas ga bisa, tapi aku baru mikir lagi, lah kenapa ga akan bantu sebisa aku, semampu aku. Habis itu, aku ke inget kata-kata “jika ada seseorang yang ada di hadapan kamu, sedang mengalami kesulitan, sebenarnya bukan mereka yang diuji, tapi kamu yang diuji.” Ini kata-kata terngiang-ngiang mulu. Aku nyesel bet karena ga bisa bantuin bapak itu. Urusan bener ga bener, jujur atau bohong, aku mikirnya itu urusan dia sama Allah swt. Semenjak hari itu, aku ga pernah ngebuang kesempatan yang Allah swt. kasih ke aku buat bersedekah.

Terkadang hati, butuh untuk memberi, berbagia biar aku belajar bagaimana rasanya ikhlas. Itu emang ga mudah. Menurut aku ikhlas itu yaa, memberi, berbagi habis itu dilupakan.

Aku lagi di Jogja nih, aku sekatenan sama keluarga aku, yang baru mama kenalin setahun lalu setelah aku wisuda. Alhamdulillah rumahnya dekat Malioboro, tapi harus jaga-jaga biar dompet ga jebol. Aku datang hari rabu, 7 Desember 2016, langsung malamnya aku ke sekatenan sama Rahma dan Putri sampe jam setengah 11 malam. Ampuun maaf yaa tante, anaknya pulang malam. kalo uda jalan-jalan begitu, suka lupa waktu.

Perjalanan ke rumah, aku ngelewatin sebuah masjid, aku bilang sama Rahma, “Rahma, itu orangkan yaa?” “iya mba.” “itu dia solat malam-malam. tungguin yuk.” “ngapain mba.” “takut diambil orang.” Haha

Hari ini, aku banyak ngobrol sama Mbah Rah. Aku taunya pokoknya mbah rah adalah mbah aku. Masih keluarga. diceritain juga tetap aja ga mudeng-mudeng. Aku punya mbah lagi, namanya mbah badil, umurnya udah hampir seratus. Tapi masih ingat sama keluarga-keluarga, kalo dengar suaranya, mbah badil langsung tau itu siapa. Wah, aku langsung tertegun, ren keren bet.

Aku balik lagi ke Purwokerto. Aku ketemu teman-teman yang satu jurusan sama aku. Irfan, Gilang, banyak deh, sampe kita cerita-cerita setelah lama ga berjumpa. See you again yaa..

Proses berhijrahku, tidak hanya sampai disini. Masih panjang. Setiap pembelajaran yang aku ambil yang membuatku yakin akan agamaku, aku akan kasih #.. Proses Hijrahku.. Setia menunggu dan tetap terjaga..

Kapan-kapan aku akan ceritakan ke kamu, gimana proses aku selama kuliah yaa. Proses selama aku kuliah, mengajarkan aku untuk berdiri diatas kakiku sendiri, tidak bergantung pada orang lain. tapi negatifnya aku jadi tidak mudah percaya pada orang lain. Yaa negatif positif, perspektif yaa. See you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar