Minggu, 22 Januari 2017

#3 Proses Hijrahku

Hingga detik ini, aku belum mendapatkan pekerjaan yang pasti. Aku kerja sambilan dengan melatih public speaking skill yang aku punya. Aku percaya apa yang terjadi dalam hidupku semua adalah rencana Allah swt. Allah swt. sudah menyiapkan yang terbaik untukku. Rezekiku, rezeki jodohku, bahkan mautku. Tapi aku ga henti-hentinya menyesali kenyataan yang aku alami saat ini. Keluargaku sedang dalam kondisi yang tidak stabil secara ekonomi, tapi aku belum mendapatkan pekerjaan. 

Tertatih? 
Sedikit banyak.. 
Iya.. 

Banyak diantaraku dan disekitarku, yang sudah memiliki seseorang yang akan menjadi bagian dari masa depannya, yang akan menjadi partner hidup, suka dan duka dijalani bersama. Katanya begitu komitmen pernikahan. Beberapa diantara mereka ditakdirkan untuk sukses bareng-bareng, jalan bareng-bareng, bahkan jatuh juga bersama. Tapi aku? Mungkin aku ga siap jikalau harus semua bersama, aku mau aku bisa berdiri sendiri terlebih dahulu.

Aku pernah nemenin teman aku buat ngerjain tugas cowoknya, aku nemenin semalaman. Terus dia bilang, “ta, aku mau tidur dulu 10 menit. Ntar bangunin yaa.” “okay.” Sudah 10 menit lewat, aku belum bangunin dia, soalnya dia keliatan capek bet. Selama itu, aku bantuin dia buat ngerjain tugas cowoknya. Sudah kelar. Aku yang tidur sebentar, terus aku kebangun, dia juga kebangun. Dia nanya “ta, kenapa ga dibangunin?” “ngapain dibangunin, uda kelar tugasnya.” Itu pukul 2 malam. terus aku lanjut tidur lagi. Sampai pagi dia ngedit tugas cowoknya sampai pagi dan ga tidur lagi. “yaa ampuun kamu benar-benar membuktikan kalo kamu itu cinta bet sama cowok kamu, rela berkorban sampe begininya. Kalo aku mah ogah.” 

Paginya saat aku dan dia, saat kita ke supermarket dekat kampus kita dulu. Tiba-tiba mata aku burem, ga bisa ngeliat apa-apa, kepala aku berasa diteken kebawah, aku melototin mata aku, aku gatau kalo aku sampe pejem gimana cerita. “shyta, kamu kenapa?” “pusing. Darah rendah kali aku.” “yaudah ayuk pulang.” Aku peluk temanku, supaya ga tumbang ke belakang saat naik motor. Ampuun kalo itu benar darah rendah, itu darah rendah yang paling parah yang aku alamin. Sampai di kos teman aku, aku berasa kaki aku lemes, keringet dingin, dan ups mules. Badan aku ngilu-ngilu. Aku inget aku belum minum air putih dan teh anget di pagi hari, seperti yang biasa aku lakukan kalo di rumah. Ditambah lagi, aku kurang tidur dan beberapa hari sebelumnya aku mandi hujan karena harus berangkat kerja. Udah deh, congratulations pokoknya mah.

Yang keren itu, ketika kamu udah yakin sama apa yang bakal kamu lakuin, alam dan seisinya bakal ngedukung kamu, sampe-sampe kondisi fisik kamu yang kamu rasa ga mampu untuk dilakukan, tapi ternyata melewati batas kemampuan kamu ketika kamu sudah yakin. Aku sering kemana-mana jalan kaki, yang biasa kalo di Pontianak diojekin sama mama. Jalan kaki buat aku ngerti, buat sadar, dan melihat banyak hal yang belum pernah ada dihadapan aku. Sungguhpun aku udah sering lewat jalan itu. Aku selalu melawan keterbatasan aku, aku selalu menargetkan sesuatu yang bakal aku tempuh. Aku merasa berhasil jika ketika aku sudah bisa sampai targetku dan termotivasi untuk melanjutkan perjalanan.

Ketika aku berada diantara orang tuaku, aku menjadi sangat manja. Apalagi kalo sama mama, mama selalu tau apa yang aku butuhkan, selalu tau aku mau makan apa bahkan sebelum aku mengatakannya.

Mamaku adalah seorang penyabar kelas berat. Aku mencoba menerka-nerka sendiri sih, kenapa hingga detik ini aku belum memiliki seseorang yang bersedia bangunin aku solat subuh. Karena Allah pingin aku seperti mamaku yang penyabar kelas berat.

Kalau ditanya kenapa masih sendiri? “Shyta, kamu masih sendiri karena belum bisa move on dari ....” Aku Cuma bisa bilang “Ahh, bisa-bisa aja nih.” Aku juga ga tau sih kenapa? Mungkin aku harus mengikuti strategi dari film AADC 2 haha pada taukan yaa. Menyelesaikan apa yang belum sempat terucap. Yah gitu sih yang aku ambil dari film itu. Aku juga ngertilah gimana diputusin dari sebuah pesan, sama rasanya di delcont dari bbm “ups.” Mungkin banyak diluaran sana, ketika kita ngumpul uda pada bawa gandengan. Aku mah cuek aja haha

Semenjak aku memutuskan berhijab, aku jadi rajin gitu mantengin instagram tentang Islam, kata-katanya ada yang begini, “Jodohmu sedang memperbaiki diri, kamu?” Semoga yaa Semenjak aku berhijab, aku jadi malu kalo kemana ga pake hijab, kerudung atau apapun itulah. Tapi yaa aku ga bisa ngilangin karakter cara berpakaian aku kalau lagi santai, kadang kaos, jeans dan sepatu sneakers. Uda gue banget itu.

Aku orangnya mudah terstimulus gitu, apalagi kalau yang ngomong termasuk kriteria orang yang berpengaruh dalam hidup aku. Kata kakakku “Shyta, coba pakai kerudung, in shaa Allah rezekinya lancar.” Wah pingin banget.

Mungkin banyak diluaran sana yang mereka kuat karena ada seseorang disampingnya, mungkin ada seseorang yang bersedia menyediakan pundaknya disaat kita terpuruk. Tapi aku, aku ga punya semua itu. Bahkan mamaku, ga pernah sekalipun memelukku. Yah palingan waktu aku mau balik ke jawa. Tapi aku berusaha memahami sih, kalau itu isyarat mama buat aku supaya aku jadi perempuan yang kuat, tegar. Aku harus siap dengan apa yang akan terjadi kemudian hari ketika pelukan sudah tidak lagi terasa.

Aku tau, mama juga mungkin ngerasain kalo aku lebih baik menikmati hidupku, lebih mengetahui diriku dari kejauhan. Sahabat-sahabat aku pada bilang, “kamu ga kasian sama mama kamu? Kan udah tua taa, kasian kalo kamu tinggalin jauh-jauh.” Kalau aku bilang ini juga bagian dari mimpi mama aku gimana yaa? Haha yaa aku sih bilang sama sahabat-sahabat aku, “kita juga uda mau pindah, jadi aku yang pindah duluan.” Aku tau, mama aku pasti lebih senang aku disini, karena mama yang mau aku di Jawa. Mama hanya bingung aku makan gimana kalo mama gabisa ngirimin aku uang disaat aku belum dapat kerja. Tapi aku yakinkan mama aku, bahwa aku ga gengsi jika harus mulai pekerjaan dari bawah sekali. Sekarang malahan aku punya project yang alhamdulillah bisa buat aku bertahan hidup.

Aku tau sih ini ga sopan, kalo aku telponan sama mama terus mama manggil aku, “taa..taa..” aku jawab “oii..” karena mama itu, benar-benar seperti teman, teman berbagi cerita, teman berbagi kisah. Apa yang aku alami, mama tau. Bahkan aku jatuh cinta sama siapa. Mama selalu bilang, “kalo bisa jangan kamu yang jatuh cinta, tapi dia yang jatuh cinta sama kamu. insyaAllah kamu yang akan dibuatnya jatuh cinta dari setiap apa yang dia lakukan untuk kamu.” Aku paham betul maksud mama.
Setiap keluarga itu, unik. Jangankan setiap keluarga, setiap manusia aja unik. Sepakat? 

Aku punya cerita sedikit tentang keluarga teman aku. Keluarganya terlihat harmonis, ayahnya berpenghasilan besar, memiliki pekerjaan yang mantap luar biasa. Ibu nya mendedikasikan waktunya untuk mengurus rumah, sama kayak mamaku. Tapi ayahnya ga mau anaknya kerja yang biasa-biasa aja, maunya punya jabatan. Tapi ya bapak/ibu itu ga mudah di zaman yang kompetitif sekarang ini, apalagi CPNS lagi moratorium. Yang namanya dunia kerja yang kompetitif, ga hanya bicara soal pintar ga pintar, tapi juga penampilan, kesempatan/peluang, link/networking, skills, banyak lagi deh. Dan satu lagu nih yang penting, faktor keberuntungan yang ga semua orang punya, ga semua orang dapatkan dalam satu momen yang sama. Sepakat? Itu bapaknya, nah kalo emaknya. Emaknya katanya dia sih, itu ga ngedukung apa yang dia lakukan, misal dia diterima kerja disini, pasti emaknya menjatuhkan harapan dia gitu.

Yang aku pahami, setiap orang punya latar belakang, alasan, motivasi yang berbeda-beda dari apa yang dia pikirkan sampai apa yang dia lakukan. Mengerti seseorang itu sulit loo. Sungguhpun punya hubungan darah. Apasih yang bisa kita lakukan sebagai anak terhadap orang tua, sebagai kakak kepada adik, adik kepada kakak? Kita cukup makan bareng, duduk berhadapan. Gimana hari ini? apa aja yang udah kamu lalui? Ada cerita apa hari ini? Pertanyaan inilah yang selalu mama ajukan ke anak-anaknya ketika kita punya waktu buat ngobrol, buat bertatap muka, ga hanya disaat kita makan. Malahan karena kebiasaan itu, kita sendiri yang memulai cerita tanpa dipancing mama. Mama sadar betul, kita ga pernah punya kesempatan untuk ngobrol sama papa, terbuka sama papa. Jadi mama mengisi kekosongan itu. setiap aku mengeluh sama mama, mama bilang “jangan suka ngeluh, banyak orang yang hidupnya lebih berat dari kita. Menghela nafas aja jangan.” “iya mah.” Aku paling takut kalo mama udah bilang terserah. Wah dunia runtuh haha. Kalo mamaku, selama dia masih mau ngingatin, ngedengerin, itu plus bet buat aku. Tapi kalo dia uda bilang terserah, aaaa aku atutttt.

Kalo papaku, orangnya lempeng, ga pernah nuntut kita harus gimana, cuek, tapi keras, tegas, tapi abis itu lupa kalo tau habis marah. Kan bete. Biasanya kalo aku ngambek, dia nyuruh beli apa gitu, nanti kembaliannya buat aku. Kan seneng jadinya, gajadi ngambek haha. Kalo papa lagi dimarahin mama, kita cepet-cepet kabur. Kenapa? Ntar dia yang ngomelin kita haha. Pernah waktu itu, aku sama rama duduk depan TV, pas mama lagi ngomelin papa, papa langsung nyambar rama. “rama, kamu itu main hape aja terus. Coba cari tuh di internet nama-nama kabupaten di kalimantan barat.” Aku tawa-tawa aja. Terus adik aku ngejawab, “yee masak aku terus yang kenak, coba suruh mba shyta tuh, paling dia juga gatau.” “yee kok aku?” “mba shyta tuh uda kuliah, pasti dia udah tau.” kata papa aku ngebela. Yang ngomel jadi ketawa haha. papaku kalo di depan TV, bisa 24 jam, dia buat siang jadi malam, malam jadi siang. kalo dia tiba-tiba ketiduran, “terus kita matiin TV-nya, eh kok dimatiin TV-nya.” Itu bapak tua jadi bangun. “tidur tuh dimatiin TV-nya, kasian TV nya capek.” Itu sedikit cerita tentang keluarga aku.


Proses berhijrahku, tidak hanya sampai disini. Masih panjang. Setiap pembelajaran yang aku ambil yang membuatku yakin akan agamaku, aku akan kasih #.. Proses Hijrahku.. Setia menunggu dan tetap terjaga..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar